Kamis, 21 Februari 2013

Review Film: Initial D


Ini film pertama dimana saya baru mengetahui  bahwa ada seorang Jay Chou yang ternyata memiliki tampang yang "cool" banget (ngegemesin deh). Ekspressinya di sepanjang film ini amat sangat cocok untuk menggambarkan anak yang cuek, introvert, dan tidak banyak ulah. Sekali menonton film ini, saya langsung merasa bahwa saya menyukai aktor Jay Chou. Hingga sekarang, entah sudah berapa kali saya menonton ulang film ini dan tetap : suka banget dengan Jay Chou, balap mobil di dalamnya dan jalan ceritanya. Seruuuu.
Jay Chou memerankan seorang pemuda bernama Takumi Fujiwara yang seorang remaja yang beranjak menuju dewasa muda, punya ayah, Bunta Fujiwara (diperankan oleh Anthony Wong) yang suka mabuk padahal berjualan tahu yang harus diantar setiap pagi-setiap hari ke para pelanggannya. Akibatnya, tugas mengantar tahu ke hotel-hotel yang ada di puncak gunung Akina pun dikerjakan oleh Takumi sejak dia masih kecil, usia 13 tahun, dengan menaiki sebuah mobil Toyota Sprinter AE86 Trueno. Takumi menjalaninya dengan santai dan tanpa beban. Siang hari, dia bekerja part time di pom bensin teman ayahnya, dan disana dia punya seorang sahabat yang punya nama Ryosuke.
Ryosuke sejak kecil selalu didongengin oleh ayahnya (yang terobsesi untuk menjadi pembalap tapi tidak pernah bisa jadi pembalap, tapi karena si ayah punya banyak uang maka bisa memberi modal untuk jadi pembalap) tentang betapa hebatnya seorang pembalap mobil. Dan di antara semua pembalap yang pernah ada, maka pembalap yang disebut dewa gunung Akina-lah juaranya karena dia bisa menguasai medan gunung Akina yang luar biasa sulit.
Akibatnya, Ryosuke pun bercita-cita untuk menjadi pembalap dan dia sering menceritakan mimpinya untuk menjadi seorang Dewa Gunung Akina ini pada semua orang, termasuk pada sahabatnya, Takumi. Tapi, Takumi cuek saja. Menurutnya, menjadi Dewa Gunung Akina itu bukan sesuatu yang penting. Itu adalah rute yang harus dia lalui setiap hari, sebelum matahari terbit untuk mengantarkan Tahu Sutra buatan ayahnya. Ayah Takumi, Bunta Fujiwara, sejak ditinggal pergi (kabur, bukan mati) oleh istrinya memang seperti orang yang hidup segan mati tak mau. Kerjanya setiap hari hanya mabuk-mabukan saja meski masih sanggup menjadi pembuat Tahu. Dia mendidik Takumi dengan keras. Sebelum matahari terbit, Takumi harus mengantar Tahu ke hotel-hotel yang ada di puncak gunung Akina. Harus cepat karena mereka tidak punya mesin pendingin Tahu di dalam mobil. Tapi juga tidak boleh menjalankan mobil dengan kecepatan tinggi tapi mengemudikannya dengan serampangan. Karena yang dibawa adalah Tahu sutra yang cepat sekali hancur jika mobil terlalu banyak terkena guncangan. Meski kesannya cuek, sebenarnya Bunta ini sangat sayang pada Takumi. Hanya saja, dia tidak tahu cara menunjukkan rasa sayangnya. Jadi, diam-diam, untuk mengurangi rasa khawatirnya akan keselamatan Takumi yang harus mengantar Tahu di usia muda, Bunta selalu merawat mesin mobil Toyota Sprinter AE86 Trueno yang selalu dibawa Takumi. Dia juga mengajarkan Takumi cara mengemudi yang aman. Bapak dan anak ini saling sayang menyayangi tapi dengan cara yang unik, minim peluk cium dan ucapan I Love You.
Nah.... kisah utama film ini bermula ketika suatu hari, tanpa sengaja, ketika pulang dari mengantar Tahu, ada seorang pembalap mobil profesional yang tergabung dalam team balap mobil Akina, dikalahkan kecepatan mengemudinya oleh Takumi. Takumi awalnya gak niat untuk mengalahkan dia, tapi Takumi saat itu memang tidak ingin terlambat pulang karena takut dimarah oleh ayahnya. Akibat kekalahan ini, menyebarlah berita gempar bahwa ada Dewa Gunung Akina sudah bangkit lagi. Terbukti dengan bisa mengalahkan team profesional bala mobil Akina.
(gambar di atas adalah MAP dari gunung Haruna, lokasi sebenarnya untuk pengambilan gambar film Initial D. LIhat kelokan gunung Haruna... nah, demikianlah gambaran kelokan Bukit Akina yang menjadi legenda di film ini. Dan gambar-gambar berikut ini adalah gambaran kondisi balap mobil tersebut)
Berita gempar ini membuat semua orang bertanya-tanya siapa dia? Dan para pembalap muda profesional, penasaran, seberapa hebat sih si Dewa Gunung Akina itu? Lalu, mereka pun membuat sebuah tantangan agar si Dewa turun gunung. Tantanganya: mengadakan sebuah balap mobil menuruni gunung Akina. 
Semua pembalap langsung mencatatkan diri untuk ikutan. Semua orang kecuali... Takumi. Ya. Karena Takumi memang tidak merasa bahwa dirinyalah yang menjadi sebab kegemparan hingga terjadi balap mobil ini. Takumi malah memikirkan hal lain. Yaitu, sedang memikirkan Natsuki Mogi, teman masa kecilnya yang sekarang sudah tumbuh besar dan menjelma jadi seorang gadis yang cantik.... dan seksi. Natsuki terang-terangan mengatakan pada Takumi bahwa dia menyukai Takumi dan itu luar biasa bagi Takumi yang polos dan belum pernah mengenal perempuan.

"Takumi... ayo kita jalan-jalan ke pantai. Aku.... sudah membeli... sebuah pakaian renang yang ... seksi."
Pemberitahuan Natsuki ini membuat Takumi blingsatan dan mencari cara untuk bisa meminjam mobil ayahnya agar bisa dikendarai menuju pantai yang memang cukup jauh dari rumahnya di lereng gunung Akina (gunung dan pantai itu kan jauh). Saat sedang mencari cara untuk meminjam mobil itulah, Bunta yang terlilit hutang, ditawari oleh ayahnya Ryosuke untuk ikut dalam balap mobil Gunung Akina.

"Jika kau bisa memenangkan balap mobil ini, maka semua hutang minum-minummu aku anggap lunas."
Image
Klop. Pas banget momennya. Bunta tahu, yang mengalahkan para pembalap profesional di gunung Akina tempo hari itu bukan dirinya, tapi anaknya Takumi. Maka, Bunta pun memerintahkan Takumi untuk ikut serta dalam balap mobil tersebut. Imbalannya, tentu saja Takumi boleh meminjam mobilnya. Takumi pun bersemangat ikut balap mobil dan.... menang.

Kemenangan ini ternyata malah merupakan pintu untuk kejadian berikutnya. Apa itu? Nah... tonton saja deh film ini. Saya yang sudah menontonnya beberapa kali, selalu bersemangat untuk menyaksikan ulang film ini. Sukaaaaa....

Suka dengan Jay Chou yang tampangnya ngegemesin karena begitu cool, polos dan uughh.. ngegemesin.Image
Image
Suka dengan adegan balap mobilnya yang menegangkan.
Image
Image

Suka dengan lelucon ringan yang terselip di sepanjang film tersebut.
Image
Image
(eh, aslinya cerita ini memang diambil dari komik, jadi gambar kartun ini aku ambil karena aku suka aja.. hehehehe, fillmnya mah orang asli, bukan yang film kartun kok. Ada sih katanya versi kartunnya, tapi aku belon nonton)

Juga suka dengan beberapa quotes yang bertebaran di dalam film tersebut. Ini beberapa di antaranya:

"Kalian tahu siapakah Dewa itu? Dewa itu adalah manusia biasa. Tapi, kemudian dia melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa hingga dia pun berhak mendapat gelar sebagai Dewa." (Itsuki Tachibana, Teman Tazumi yang gendut yang berobsesi jadi pembalap tapi baru sekali putaran, muntah-muntah akibat dibawa ngebutnya sampai dua hari)

"Yang penting dalam hidup ini adalah bisa menemukan dunia milikmu  sendiri. Jika telah berhasil menemukan duniamu dan dengan begitu barulah hidupmu menjadi amat berarti." (Natsuki, cewek yang suka sama Tazumi)

"Terkadang, sebuah keputusan bisa mengubah hidup seseorang dan itu harus kita jalani meski kita tidak tahu apakah keputusan yang kita lakukan tersebut di masa depannya membawa kita kepada kebahagiaan ataukah tidak." (Ryousuke, pembalap profesional yang nantangin bapaknya Tazumi untuk balapan di Gunung Akina)

"Bicara baik-baik, jangan ribut-ribut. Memukul anak di muka umum bisa merusak mental anak." (omongan temannya Tazumi yang gendut ketika Tazumi bertemu dengan batas maksimal kemampuan mobilnya ketika balapan dengan Kyuzui, pembalap profesional. Waktu itu mobilnya, AE86 harus diderek karena mogok dan bapaknya Tazumi yang sudah merawat mobil itu dengan amat baik hanya bisa menatap mobil itu dengan kecewa)

"Kamu selama ini belum pernah balapan. Ingat, jika ingin menang, lupakan kompetisi, abaikan lawanmu karena yang harus kamu kalahkan itu adalah dirimu sendiri." (bapaknnya Tazumi pas ngajarin Tazumi gimana cara ngalahin gunung akina)

Major characters
Minor characters
  • Chie Tanaka as Miya (Gas station girl / Itsuki's love interest)
  • Tsuyoshi Abe as Kenji (One of the gasoline boys/ Member of the Akina SpeedStars)
  • Kiyohiko Ueki as Kouichiro Iketani (One of the gasoline boys/ Member of the Akina SpeedStars)
  • Kazuyuki Tsumura as Mr. X (Natsuki's "papa")

2 komentar:

jadi, apa pendapatmu teman?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...